Menentukan Jumlah Gelombang dan Panjang Gelombang

Share:
Gelombang Riak Air 

Sudah dijelaskan pada materi Gelombang bahwa sebuah gelombang :
- Terdiri dari satu bukit dan satu lembah pada gelombang transversal; dan
- Jarak antara dua rapatan yang berurutan atau jarak dua renggangan yang berurutan.

Namun meskipun sudah dipahami melalui definisinya, saat mengerjakan soal tentang gelombang terkadang siswa sulit untuk menjawabnya. Kesalahan yang biasa terjadi biasanya dalam menentukan panjang gelombang.

Misalkan contoh berikut.
  1. Sebuah tali dengan panjang 3 meter dikejutkan sehingga membentuk gelombang transversal. Jika tali tersebut membentuk 3 bukit dan 2 lembah, berapakah panjang gelombang dari gelombang tali tersebut?
  2. Slinki yang panjangnya 1 meter diberi gaya secara horizontal sehingga membentuk gelombang longitudinal yang terdiri dari 6 renggangan dan 5 rapatan. Berapakah panjang gelombang dari gelombang slinki tersebut?
Dari dua soal tersebut, mayoritas siswa langsung menjawab 3 meter pada soal no. 1 dan 1 meter pada soal no. 2 sebagai nilai panjang gelombang. Dan itu merupakan jawaban yang salah. Lalu bagaimana menjawabnya dengan benar? Terlebih dahulu harus kita tentukan jumlah gelombang yang terbentuk dengan menerapkan definisi gelombang transversal dan longitudinal seperti di awal.

Agar lebih jelas, silakan simak penjelasannya melalui video berikut


Dari penjelasan di atas, maka kita bisa mendapat kesimpulan dan bisa menjawab soal yang sebelumnya.
  1. Tali yang panjangnya 3 meter membentuk 2,5 gelombang. Maka panjang gelombangnya adalah 3 : 2,5 = 1,2 meter = 120 cm.
  2. Slinki sepanjang 1 meter membentuk 5 gelombang. Maka panjang gelombangnya adalah 1 : 5 = 0,2 m = 20 cm.
Untuk ke depannya, agar lebih memudahkan dalam menjawab soal, kita dapat membuat sketsa bukit lembah (untuk gelombang transversal) dan sketsa rapatan renggangan (untuk gelombang longitudinal) terlebih dahulu. Dengan begitu, kita dapat lebih yakin dalam menentukan jumlah gelombang yang terbentuk dan menentukan panjang gelombangnya. 

Sebagai penguji pemahaman tentang cara menentukan jumlah gelombang dan panang gelombang, silakan baca soal berikut.
Pada gelombang air laut terdapat dua buah gabus yang berada di dua puncak bukit gelombang yang berbeda. Jika antara kedua bukit tempat diamnya gabus terdapat 3 lembah gelombang dan jarak antara kedua gabus adalah 1,5 meter, hitunglah panjang gelombang air laut tersebut!

Silakan jawab soal tersebut dan tuliskan jawabannya di kolom komentar. 
Selamat mencoba..

Sumber video : youtube

No comments