Jambore Pesisir dan Gerakan Cinta Laut 2017

Share:

JAMBORE PESISIR KABUPATEN PANGANDARAN


Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut melaksanakan Kegiatan Jambore Pesisir dan Mencanangkan Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) sebagai wujud pelestarian ekosistem pesisir pantai di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran di seluruh wilayah pesisir pantai di Indonesia, dari mulai wilayah paling barat hingga paling timur.

Kabupaten Pangandaran yang juga memiliki wilayah pesisir pantai ikut andil dalam pelaksanaan Jambore Pesisir ini. Dinas Kelautan, Perikananan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran, menjadi penyelenggara pelaksanaan Jambore ini.  

Kegiatan Jambore  Pesisir dilaksanakan di Bumi Perkemahan selama tiga hari dua malam, yaitu pada hari Minggu-Selasa tanggal 15 - 17 Oktober 2017 dengan mengambil tempat di Bumi Perkemahan Pamugaran, Desa Wonoharjo Kecamatan Pangandaran. Peserta Jambore berasal dari Anggota Pramuka Penegak, Organisasi Pemuda Karang Taruna, serta Komunitas-komunitas di wilayah Kabupaten Pangandaran.

SMK Negeri 1 Padaherang mengirimkan satu regu putra dan dua regu putri dengan masing-masing anggota terdiri atas 9 orang siswa dan 1 orang pembina. Masing-masing regu dinamai dengan nama ikan. Ketiga regu perwakilan dari SMK N 1 Padaherang mendapat nama regu Belanak, Bandeng dan Gajah Laut.


Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk melestarikan wilayah pesisir serta untuk menambah kesejahteraan penduduk di wilayah pesisir. Di antara kegiatan yaitu pemberian materi tentang cara mendaur ulang sampah, mengolah buah mangrove, serta simulasi perhitungan terumbu karang yang baik dan yang rusak. Meskipun cuaca diselingi hujan, namun acara masih bisa dilanjutkan dengan baik.



Selain kegiatan materi utama, pada Jambore Pesisir ini juga diisi dengan kegiatan hiburan yang sekaligus menjadi ajang perlombaan kreasi seni peserta. Alhamdulillah, salah satu regu mendapat peringkat ke-3 pada lomba kreasi seni tersebut.





Pada hari terakhir, kegiatan diisi dengan senam bersama dan kegiatan bersih pantai. Seluruh peserta bergerak menuju pantai untuk mengambil sampah dan membersihkan pantai. 





Semoga dengan terlaksananya kegiatan Jambore Pesisir dan Gerakan Cinta Laut di Kabupaten Pangandaran, dapat menambah kesadaran masyarakat terutama kaum muda agar lebih baik lagi dalam memelihara dan menjaga ekosistem laut. Serta, dapat pula meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui pemanfaatan-pemanfaatan hasil-hasil alam di sekitar wilayah pesisir.








Gita Laut, Kereeen!!! 

No comments